Penggunaan Blog Sebagai Media Penunjang Kompetensi Dosen
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kompetensi merupakan salah satu bagian dari kajian merek, sedangkan merek sebagai bagian dari marketing memiliki kedudukan sama penting dengan menjual produk dan jasa. Karena itu mengelola merek selain untuk perusahaan, dapat juga untuk mengelola merek perseorangan, tokoh publik, dan dosen. Penelitian ditujukan untuk mengetahui penggunaan blog sebagai media penunjang kompetensi dosen dilihat dari aspek kredibilitas, komitmen, kemampuan mengembangkan diri menjalankan profesi, dan faktor penghambat dalam membangun kompetensi dosen. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan kepada dosen melalui observasi, wawancara, focus group discussion, dan kepustakaan. Penelitian menemukan, dosen menggunakan blog untuk membagi materi kuliah, pemikiran tentang peristiwa kontemporer, dan upload artikel keislaman. Dosen dinilai dapat dipercaya, karena tulisan dosen di blog yang merupakan hasil karyanya, dan banyak permintaan konsultasi dari berbagai kalangan. Dosen berkomitmen membuat perubahan ke arah lebih baik ketika berkomunikasi melalui blog dengan menjaga kesesuaian perkataan dengan perilakunya, dan dosen memiliki kemampuan mengembangkan diri dalam menjalankan profesinya sebagai dosen, aktivitas tersebut memberi kekuatan kepadanya untuk terus berkarya.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Ariasari. Fany. (2007). Pernak-pernik Blog: Cantik, Atraktif, Fungsional. Jakarta: Mediakita.
Baldwin, J. R., Perry, S.D., dan Moffit, M.A. (2004). Communication Theories for Everyday Life. Boston: Pearson Education Inc.
Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Grup.
Fakhruddin, Asef Umar. (2012). Menjadi Guru Favorit! Yogyakarta: Diva Press.
Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Harris, L. dan R. Alan (2011). Building a Personal Brand through Social Networking. Journal of Business Strategy, 32(5), pp. 14-21. Tersedia di: http://dx.doi.org/10.1108/02756661111165435. [Accessed 20 April 2013].
Hayu S., Dismas. (2015). Optimalisasi Penggunaan Travel Blog sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Pariwisata. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Juju, Dominikus, dan Sulianta, Feri. (2010). Branding Promotion With Social Network. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Kindarto, Asdani. (2008). Membuat Blog Cantik Dengan Flickr. Jakarta: PT Gramedia.
Kotler. Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mwilson. (2007). Panduan praktis membuat Situs Pribadi & Template Blog. Jakarta : Mediakita.
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito: Bandung.
Nasution, Zulkarimen. (2002). Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Prasetyo, Agus Hery. (2007). Meraup Dollar Lewat Blog. Yogyakarta: Gardien Mediatama.
Purbo, Onno W. (1999). Teknologi Warung Internet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Rahman, Su. (2012). Internet Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Rakhmat, Jalaluddin. (2006). Psikologi Komunikasi. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.
Rotunda, Robert J., Kass, S.J., Sutton, M. A., & Leon, D.T. 2003.”Internet Use and Misuse”. Journal of Behavior Modification, 27 (4) : 484-504. Tersedia di: http://dx.doi.org/10.1177/0145445503255600.
Salim, Joko. (2011). Mengoptimalkan Blog dan Social Media untuk Small Business. Jakarta: Gramedia.
Sanjaya, Ridwan. (2007). Membuat Blog dengan Blogspot. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Shimp, Terence A. (2014). Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.
Sihombing, Lambok Hermanto (2013). Pengaruh Kpop Bagi Penggemarnya: Analisis Kajian Blog. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen.
Wright, Jeremy. (2007). Blog Marketing. Jakarta : Gramedia.
Yin, Robert K. (2002). Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo.